Rabu, 20 September 2017 | 16.06 WIB
Metro24Jam>Sport>Bola>Harga Luar Biasa, PSG Boyong Mbappe!

Harga Luar Biasa, PSG Boyong Mbappe!

Sabtu, 12 Agustus 2017 - 03:46 WIB

IMG-3260

Kylian Mbappe (GettyImages)

PARIS, metro24jam.com – Paris Saint-Germain kembali menghebohkan bursa transfer sepakbola Eropa. Usai mendatangkan Neymar seharga 222 juta euro (± Rp 3,5 triliun), klub kaya Prancis itu kini mendapatkan tandatangan Kylian Mbappe dengan transfer seharga 180 juta euro (± Rp2,8 triliun).

Real Madrid sebelumnya menjadi favorit untuk medapatkan bintang muda AS Monaco itu, menyusul penampilannya yang luar biasa pada musim lalu.

Tapi akhirnya, klub Prancis yang didanai konsorsium Qatar tersebut akhirnya memenangkan perlombaan, dan menurut para pemain PSG, remaja 18 tahun itu akan diperkenalkan kepada publik di Parc des Princes pada Senin (14/8/201) besok.

Dan dengan nilai transfer mencapai 400 juta euro itu, disebut-sebut sebagai prosesi awal agar PSG bisa menyandang predikat salah satu klub terbaik di Eropa.

Monaco sebelumnya menegaskan bahwa mereka ingin mempertahankan pemain tersebut, meski ada minat yang sangat tinggi dari Real Madrid.

Tapi, ayah Mbappe disebut telah meyakinkan klub agar melepas anaknya pergi pada musim panas ini, bukannya menggantung masa depannya selama 12 bulan lagi.

Hal itu membuat PSG mendapat lampu hijau untuk memulai negosiasi mega-transfer berikutnya untuk sang striker, dan sepertinya terlihat bakal mulus, setelah mereka merasa cukup puas dengan tawaran Madrid.

Namun, Mbappe kemudian diyakinkan pada pertemuan dengan manajer PSG, Unay Emery, bahwa dia akan mendapat peran besar sebagai starter musim ini–meski telah melakukan belanja besar senilai Rp 3,5 miliar untuk merayu Neymar pindah dari Nou Camp.

Transfer ini juga akan menjadi pertanyaan besar terkait peraturan Financial Fair Play (FFP) UEFA.

Secara keseluruhan, PSG telah menggelontorkan dana tak kurang dari 400 juta euro pada musim panas ini, setelah sebelumnya mendatangkan bek kiri asal Spanyol, Yuri Berchiche (16 juta euro) dan bek kanan asal Brazil, Dani Alves (free) di ibukota Prancis.

UEFA memperkenalkan aturan FFP pada 2013 untuk menjaga klub-klub agar terhindar dari hutang yang terlalu banyak, sekaligus mencegah pemilik kaya menginvestasikan terlalu banyak uang bagi klub mereka.

Peraturan itu menyatakan bahwa, dalam periode 3 tahun, sebuah klub seperti PSG, yang dimiliki oleh Qatar, hanya bisa membelanjakan 30 juta euro lebih banyak dari pendapatannnya.

PSG bisa menjual pemainnya untuk menyeimbangkan neraca pembukuan.

Bagi Real Madrid, kehilangan Mbappe yang dijanjikan gaji 220 ribu euro di Santiago Bernabeu, menjadi pukulan besar, dan mungkin akan membuat mereka kembali mengincar gelandang Chelsea, Eden Hazard.

Sementara itu, rival abadi Real, Barcelona juga mengalami kemunduran di bursa transfer, setelah Dortmund juga menolak tawaran mereka–yang diperkirakan senilai 100 juta euro–untuk mendapatkan Ousmane Dembele.

Striker asal Prancis yang meminta pindah itu kini menjalani skorsing oleh klub Jerman tersebut hingga pekan depan karena absen dalam latihan.

“Kami tak tau kenapa. Kami coba menghubunginya, tapi tak bisa,” kata pelatih Dortmund, Peter Bosz. (asp/sun)


KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Sepak Takraw Simalungun Gelar Muskab
Lainnya - Selasa, 19 September 2017 - 05:21 WIB

Sepak Takraw Simalungun Gelar Muskab

Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia (PSTI) Kabupaten Simalungun Priode 2017-2021 gelar Muswarah Kabupaten (Muskab), bertempat di Cafe Dede, Nagori Lembau, ...
Ini Alasa Bale Tak Jadi ke Manchester United
Bola - Rabu, 13 September 2017 - 00:41 WIB

Ini Alasa Bale Tak Jadi ke Manchester United

Hanya satu kata. Itulah yang menjadi jawaban Gareth Bale bagi mereka yang mempertanyakan mengapa ia tidak meninggalkan Real Madrid ke ...
Pemimpin Kejam Dunia dan Klub Sepakbola Pujaan Mereka, Kim Jong-un Fans Berat MU, Robert Mugabe Penggemar Chelsea
Lainnya - Rabu, 13 September 2017 - 00:38 WIB

Pemimpin Kejam Dunia dan Klub Sepakbola Pujaan Mereka, Kim Jong-un Fans Berat MU, Robert Mugabe Penggemar Chelsea

Pekan lalu, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un terungkap merupakan penggemar berat Manchester United.Dilansir SunSport, Selasa (12/9), seorang teman dekat tiran ...
Aleksander Ceferin: “Saya Harus Keluarkan PSG dari Liga Champions!”
Bola - Rabu, 13 September 2017 - 00:16 WIB

Aleksander Ceferin: “Saya Harus Keluarkan PSG dari Liga Champions!”

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, mengancam akan mencoret Paris Saint-Germain (PSG) dari Liga Champions jika terbukti melanggar aturan Financial Fair Play ...
Porkot Medan 2017, Medan Deli Targetkan 5 Besar
Lainnya - Senin, 11 September 2017 - 10:30 WIB

Porkot Medan 2017, Medan Deli Targetkan 5 Besar

Pada pertarungan Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan yang berlangsung, 9-16 September 2017, kontingen Kecamatan Medan Deli memiliki target yang cukup ...
Chelsea vs Costa Memanas, Mobil & Loker Digusur
Bola - Jumat, 8 September 2017 - 07:11 WIB

Chelsea vs Costa Memanas, Mobil & Loker Digusur

Chelsea kembali melakukan sebuah penghinaan baru kepada Diego Costa dengan memerintahkan mobil rover mewahnya agar diparkir di parkiran di mana ...