Senin, 18 Juni 2018 | 12.15 WIB
Metro24Jam>Sport>Lainnya>GM Sean Winchad Serahkan Buku Silabus Catur ke KONI

GM Sean Winchad Serahkan Buku Silabus Catur ke KONI

Senin, 11 Desember 2017 - 23:20 WIB

IMG-3641

GM Sean Winchad Serahkan Buku Silabus Catur ke KONI. (ist/metro24jam.com)

SIANTAR, metro24jam.com – Grand Master Internasional asal Indonesia, Sean Winchad, menyerahkan empat buah buku atau silabus berisikan strategi bermain catur kepada KONI Kota Siantar di kantor KONI, Jalan Pantoan, Kota Siantar, Senin (11/12/2017) sekira jam 15.30 Wib.

Sean yang sudah melanglangbuana ke sejumlah negara Eropa, Asia dan Amerika untuk bertanding menghadapi banyak pecatur berlevel grand master dan master internasional itu, menyebut, buku yang dia serahkan agar bisa dibaca dan dipelajari para peminat catur di Kota Siantar.

Dua buku terbitan luar negeri, berisi dasar tentang pembukaan hingga strategi bagaimana memenangkan permainan catur. Strategi bermain yang ada di dalam dua buku tersebut banyak juga hasil rekaman permainan para grand master termasuk milik Utut Adianto, pecatur kesohor Tanah Air.

Dua buku berikutnya, berisi tentang pengembangan. Dia memperoleh buku ini dari Serbia. Buku ini banyak dipakai dan digunakan para grand master papan atas dunia.

“Saya menyerahkan buku ini agar bisa dibaca para pemain catur di sini. Buku misalnya memuat strategi catur, bagaimana dalam posisi ada peluang lalu menang,” katanya.

Ketua KONI Kota Siantar, Jayadi Sagala saat menerima empat buah buku tersebut didampingi Pelaksana Sekretaris KONI Kota Siantar, Rio Daniel Damanik dan Frenki Sinaga selaku Biro Pembinaan Hukum KONI Kota Siantar, menyebut, pihaknya menerima buku itu untuk kemudian nantinya segera diserahkan ke Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Siantar.

Buku diserahkan ke kantor tersebut, agar masyarakat luas bisa meminjam buku dan dipelajari isinya untuk pengembangan bagaimana bercatur yang baik dan benar.

Jayadi mengatakan, banyak pecatur handal di Kota Siantar, tetapi sifatnya masih otodidak dan tidak dibarengi ilmu pengetahuan atau teori yang memadai.

Dengan kehadiran GM Sean Winchad ke Kota Siantar selama beberapa hari, diharapkan dia bisa menularkan bagaimana bermain catur dengan baik dibarengi dengan teori yang diadopsi dari buku atau silabus yang dia bawa khusus untuk diserahkan ke warga kota ini.

“Kami segera menyerahkan buku ke Perpustakaan Kota Siantar, agar buku bisa dipinjam dan dipelajari oleh warga Kota Siantar,” katanya.

Jayadi berharap, Kota Siantar bisa melahirkan atlet catur yang handal. Karena di sini banyak bibit-bibit unggul. Selain harus sering bertanding, seorang atlet juga harus bisa mempelajari teknik-teknik main catur.

“Apalagi strategi bermain catur terus mengalami perkembangan. Maka dengan adanya buku ini, bisa memandu para atlet kita menyerap teknik bermain dengan kelas master dan grand master,” katanya. (tig)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Messi dkk Ditahan Islandia,  Maradona: Sampaoli Tidak Bisa Pulang ke Argentina
Bola - Senin, 18 Juni 2018 - 07:11 WIB

Messi dkk Ditahan Islandia, Maradona: Sampaoli Tidak Bisa Pulang ke Argentina

Diego Maradona mengungkapkan kekecewaannya terhadap Jorge Sampaoli menyusul hasil mengecewakan yang diraih La Albiceleste usai ditahan imbang 1-1 oleh tim ...
Jerman 0 – 1 Meksiko: Catatan Buruk Setelah 36 Tahun
Bola - Senin, 18 Juni 2018 - 06:59 WIB

Jerman 0 – 1 Meksiko: Catatan Buruk Setelah 36 Tahun

Rekor kemenangan Jerman pada laga pembuka Piala Dunia terhenti setelah skuad asuhan Joachim Loew dipaksa menyerah oleh Meksiko pada laga ...
Hasil Pertandingan Piala Dunia
Bola - Senin, 18 Juni 2018 - 06:35 WIB

Hasil Pertandingan Piala Dunia

Hasil-hasil pertandingan Piala Dunia 2018 hingga 18 Juni 2018: HASIL PERTANDINGAN PIALA DUNIA ...
Klasemen Piala Dunia Rusia 2018 [Updated]
Bola - Senin, 18 Juni 2018 - 06:06 WIB

Klasemen Piala Dunia Rusia 2018 [Updated]

Klasemen Sementara Piala Dunia Rusia 2018 Grup A     ...
Prancis 2 – 1 Australia: Gol-gol Babak Kedua
Bola - Sabtu, 16 Juni 2018 - 19:45 WIB

Prancis 2 – 1 Australia: Gol-gol Babak Kedua

Prancis berhasil meraih tiga poin pertama di Grup C Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Australia 2-1, di Kazan Arena, Sabtu ...
Argentina vs Islandia: Peluang  Messi Memperbaiki Catatan
Preview - Sabtu, 16 Juni 2018 - 12:19 WIB

Argentina vs Islandia: Peluang Messi Memperbaiki Catatan

Piala Dunia di Rusia ini mungkin akan menjadi kesempatan terakhir bagi Lionel Messi untuk memimpin Timnas Argentina untuk meraih trofi, ...