Kamis, 18 Januari 2018 | 12.28 WIB
Metro24Jam>Sport>Lainnya>GM Sean Winchad Serahkan Buku Silabus Catur ke KONI

GM Sean Winchad Serahkan Buku Silabus Catur ke KONI

Senin, 11 Desember 2017 - 23:20 WIB

IMG-3641

GM Sean Winchad Serahkan Buku Silabus Catur ke KONI. (ist/metro24jam.com)

SIANTAR, metro24jam.com – Grand Master Internasional asal Indonesia, Sean Winchad, menyerahkan empat buah buku atau silabus berisikan strategi bermain catur kepada KONI Kota Siantar di kantor KONI, Jalan Pantoan, Kota Siantar, Senin (11/12/2017) sekira jam 15.30 Wib.

Sean yang sudah melanglangbuana ke sejumlah negara Eropa, Asia dan Amerika untuk bertanding menghadapi banyak pecatur berlevel grand master dan master internasional itu, menyebut, buku yang dia serahkan agar bisa dibaca dan dipelajari para peminat catur di Kota Siantar.

Dua buku terbitan luar negeri, berisi dasar tentang pembukaan hingga strategi bagaimana memenangkan permainan catur. Strategi bermain yang ada di dalam dua buku tersebut banyak juga hasil rekaman permainan para grand master termasuk milik Utut Adianto, pecatur kesohor Tanah Air.

Dua buku berikutnya, berisi tentang pengembangan. Dia memperoleh buku ini dari Serbia. Buku ini banyak dipakai dan digunakan para grand master papan atas dunia.

“Saya menyerahkan buku ini agar bisa dibaca para pemain catur di sini. Buku misalnya memuat strategi catur, bagaimana dalam posisi ada peluang lalu menang,” katanya.

Ketua KONI Kota Siantar, Jayadi Sagala saat menerima empat buah buku tersebut didampingi Pelaksana Sekretaris KONI Kota Siantar, Rio Daniel Damanik dan Frenki Sinaga selaku Biro Pembinaan Hukum KONI Kota Siantar, menyebut, pihaknya menerima buku itu untuk kemudian nantinya segera diserahkan ke Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Siantar.

Buku diserahkan ke kantor tersebut, agar masyarakat luas bisa meminjam buku dan dipelajari isinya untuk pengembangan bagaimana bercatur yang baik dan benar.

Jayadi mengatakan, banyak pecatur handal di Kota Siantar, tetapi sifatnya masih otodidak dan tidak dibarengi ilmu pengetahuan atau teori yang memadai.

Dengan kehadiran GM Sean Winchad ke Kota Siantar selama beberapa hari, diharapkan dia bisa menularkan bagaimana bermain catur dengan baik dibarengi dengan teori yang diadopsi dari buku atau silabus yang dia bawa khusus untuk diserahkan ke warga kota ini.

“Kami segera menyerahkan buku ke Perpustakaan Kota Siantar, agar buku bisa dipinjam dan dipelajari oleh warga Kota Siantar,” katanya.

Jayadi berharap, Kota Siantar bisa melahirkan atlet catur yang handal. Karena di sini banyak bibit-bibit unggul. Selain harus sering bertanding, seorang atlet juga harus bisa mempelajari teknik-teknik main catur.

“Apalagi strategi bermain catur terus mengalami perkembangan. Maka dengan adanya buku ini, bisa memandu para atlet kita menyerap teknik bermain dengan kelas master dan grand master,” katanya. (tig)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Agenda Pertandingan
Bola - Sabtu, 13 Januari 2018 - 13:22 WIB

Agenda Pertandingan

Agenda pertandingan sepakbola pekan ini: PREMIER LEAGUE   ...
Hadapi Piala Presiden, Djanur Kehilangan Sosok Firza dan Yoyok
Bola - Sabtu, 13 Januari 2018 - 04:55 WIB

Hadapi Piala Presiden, Djanur Kehilangan Sosok Firza dan Yoyok

Pelatih PSMS Medan, Djajang Nurjaman dipaksa kerja ekstra menghadapi Piala Presiden 2018. Pasalnya, Djajang sapaan akrabnya tak akan didampingi asisten ...
Usai Uji Coba, Djanur Mulai Temukan Kerangka Tim di Piala Presiden
Bola - Sabtu, 13 Januari 2018 - 04:51 WIB

Usai Uji Coba, Djanur Mulai Temukan Kerangka Tim di Piala Presiden

PSMS Medan baru saja melakoni laga uji coba menghadapi PS Porwil Sumut, Jumat (12/1/2018) sore. Laga yang berlangsung di ...
Gabung PSMS, Eks Bhayangkara Harapkan Kesempatan Lebih
Bola - Sabtu, 13 Januari 2018 - 04:48 WIB

Gabung PSMS, Eks Bhayangkara Harapkan Kesempatan Lebih

Menjadi pemain inti dalam sebuah tim adalah mimpi setiap pemain. Hal itu juga yang menjadi alasan Antoni Nugroho berlabuh ke ...
[Update] Klasemen Liga
Bola - Minggu, 7 Januari 2018 - 13:05 WIB

[Update] Klasemen Liga

Klasemen sementara 6 liga papan atas Eropa pekan ini: ENGLISH PREMIER LEAGUE ...
Puluhan Crosser Berebut Trofi Nasdem Pagar Merbau
Lainnya - Sabtu, 6 Januari 2018 - 18:13 WIB

Puluhan Crosser Berebut Trofi Nasdem Pagar Merbau

Puluhan Crosser dari berbagai daerah berebut Trofi Ketua Partai Nasdem, Kecamatan Pagar Merbau, Muhammad Rizky ST, dalam balapan SJM ...