Sabtu, 21 Juli 2018 | 12.44 WIB
Metro24Jam>Sport>Lainnya>Disporabudpar Deliserdang Gelar Olahraga Pahahan dan Catur Antar Pelajar

Disporabudpar Deliserdang Gelar Olahraga Pahahan dan Catur Antar Pelajar

Rabu, 2 Mei 2018 - 07:09 WIB

IMG-3782

Kadis Porabudpar Faisal Arif Nasution saat membuka event panahan pelajar. (Fani Ardana/metro24jam.com)

LUBUKPAKAM, metro24jam.com – Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Deliserdang menggelar event olahraga panahan dan catur antar pelajar Jumat-Minggu, 27 s/d 29 April 2018. Olahraga panahan dilangsungkan di Lapangan PU Lubukpakam, sedangkan pertandingan Catur dihelat di Aula Kolam Renang Pemkab Deliserdang.

Event tersebut dibuka oleh Kadis Porabudpar, Faisal Arif Nasution, yang ditandai melepaskan anak panah dan menjalankan bidak catur.

Dalam sambutannya, Kadis Porabudpar mengatakan, kejuaraan panahan antar pelajar kabupaten Deliserdang akan menjadi ajang unjuk prestasi bagi para atlet panahan, sekaligus sebagai sarana penjaringan atlet-atlet berbakat yang diharapkan dapat menjadi andalan bagi cabang olahraga (cabor) panahan di Deliserdang, Sumatera Utara, bahkan nasional.

Dikatakannya juga, bahwa panahan merupakan salah satu cabor yang mampu menyumbang medali bagi Indonesia di Olimpiade. Maka, sudah selayaknya pahanan menjadi olahraga prioritas untuk mendapat pembinaan yang intensif.

“Pada kejuaraan kali ini juga dipertandingkan kelas PVC untuk anak usia dini dan tradisional. Hal ini bertujuan untuk memfasilitasi cikal bakal atlet panahan dan ajang eksebisi bagi panahan tradisional,” kata Faisal.

Lanjut Faisal, bahwa pada kejuaraan ini, sebagai scorer diberdayakan guru-guru olahraga dari FKGOR dan BAPOPSI. Hal ini merupakan pembelajaran bagi mereka dan diharapkan dapat diterapkan di sekolah-sekolah.

Adapaun cabor panahan diikuti oleh 282 atlet putra dan putri dengan 14 kategori yang diikuti peserta dari berbagai daerah yakni, Deliserdang, Aceh Meulaboh, Riau, Kepri, Batam, Jakarta, Binjai, Tebingtinggi, Langkat, Batubara, Kisaran, Simalungun dan Padang Sidimpuan, dengan total hadiah sekitar Rp54 juta.

Sementara itu, turnamen catur diikuti 162 orang pelajar dari SD hingga SMA sederajat dengan total hadiah sekitar Rp30 juta.

Sebagai pemenang di akhir kegiatan olahraga panahan yang ditutup oleh Kabid Olahraga Budi Priatama tersebut adalah:

I. Divisi Mahasiswa: Budi Darmawan dari Batam (juara), Ridwan Hasvizalhasrin dari USU Medan (Runner Up-I), Bayu Ismaya (Runner Up-II), Hafiz Roziin Ismaya (Runner Up-III)

II. Compound Putra: Masdi dari PTPN (juara)m M Deni Ali dari Helvetia (Runner Up-I) Hamzah Manurung dari Diantres (Runner Up-II) dan Yose Andre Sinuhaji dari Diantres (Runner Up-III).

Sedangkan untuk Juara panahan tradisional, Putut Hardianto dari Generasi Panahan berhasil meraih gelar juara, sementara Runnerp Up I, II dan III, berturut-turut ditempat oleh Toni Manahan Purba dan Supianto dari Langkat, serta Budi Tri Pransetyo dari Tanjungbalai. (fan)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Wabup H Zainudin Mars Lepas Kontingen Deliserdang ke POPDASU 2018
Lainnya - Senin, 16 Juli 2018 - 22:32 WIB

Wabup H Zainudin Mars Lepas Kontingen Deliserdang ke POPDASU 2018

Wakil Bupati Deliserdang, H Zainudin Mars, melepas 111 atlet kontingen Kabupaten Deliserdang mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah Sumatera Utara (POPDASU) ...
Pesta Kemenangan, Mendy ‘Ajari’ Presiden Prancis Siramkan Sampanye ke Deschamps
Bola - Senin, 16 Juli 2018 - 15:48 WIB

Pesta Kemenangan, Mendy ‘Ajari’ Presiden Prancis Siramkan Sampanye ke Deschamps

Prancis harus menunggu selama 20 tahun untuk kembali menjadi juara di Piala Dunia dan tentu saja, raihan kedua itu membuat ...
Final Piala Dunia 2018, Ipda JB Simamora Jagokan Prancis
Bola - Sabtu, 14 Juli 2018 - 02:01 WIB

Final Piala Dunia 2018, Ipda JB Simamora Jagokan Prancis

Final Piala Dunia 2018 akan mempertemukan Prancis melawan Kroasia. Pertandingan ini rencananya akan digelar pada hari Minggu (15/7) jam 22:00 ...
Usai Nobar, Kapolres dan Kasatlantas Deliserdang Jagokan Kroasia Juara Piala Dunia
Bola - Kamis, 12 Juli 2018 - 17:46 WIB

Usai Nobar, Kapolres dan Kasatlantas Deliserdang Jagokan Kroasia Juara Piala Dunia

Kapolres AKBP Eddy Suryantha Tarigan dan Kasat Lantas Polres Deliserdang, AKP Imam menjagokan Kroasia menjadi juara baru di Piala Dunia ...
Selama Laga Swedia vs Inggris, Jalanan di London Sekitarnya Sepi
Bola - Minggu, 8 Juli 2018 - 03:00 WIB

Selama Laga Swedia vs Inggris, Jalanan di London Sekitarnya Sepi

Peristiwa unik terjadi di Inggris, Sabtu (7/7/2018), setidaknya selama 90 menit pertandingan Swedia kontra The Three Lions berlangsung. Cuaca di ...
Taklukkan Uruguay, Prancis ke Semifinal Piala Dunia
Bola - Sabtu, 7 Juli 2018 - 01:27 WIB

Taklukkan Uruguay, Prancis ke Semifinal Piala Dunia

Prancis berhasil lolos ke babak semifinal Piala Dunia, usai menaklukkan Uruguay. 2-0 di Nizhny Novgorod, Jumat (6/7/2018) malam Wib. Dua ...