Kamis, 24 Mei 2018 | 09.02 WIB
Metro24Jam>Sport>Lainnya>Disporabudpar Deliserdang Gelar Olahraga Pahahan dan Catur Antar Pelajar

Disporabudpar Deliserdang Gelar Olahraga Pahahan dan Catur Antar Pelajar

Rabu, 2 Mei 2018 - 07:09 WIB

IMG-3782

Kadis Porabudpar Faisal Arif Nasution saat membuka event panahan pelajar. (Fani Ardana/metro24jam.com)

LUBUKPAKAM, metro24jam.com – Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Deliserdang menggelar event olahraga panahan dan catur antar pelajar Jumat-Minggu, 27 s/d 29 April 2018. Olahraga panahan dilangsungkan di Lapangan PU Lubukpakam, sedangkan pertandingan Catur dihelat di Aula Kolam Renang Pemkab Deliserdang.

Event tersebut dibuka oleh Kadis Porabudpar, Faisal Arif Nasution, yang ditandai melepaskan anak panah dan menjalankan bidak catur.

Dalam sambutannya, Kadis Porabudpar mengatakan, kejuaraan panahan antar pelajar kabupaten Deliserdang akan menjadi ajang unjuk prestasi bagi para atlet panahan, sekaligus sebagai sarana penjaringan atlet-atlet berbakat yang diharapkan dapat menjadi andalan bagi cabang olahraga (cabor) panahan di Deliserdang, Sumatera Utara, bahkan nasional.

Dikatakannya juga, bahwa panahan merupakan salah satu cabor yang mampu menyumbang medali bagi Indonesia di Olimpiade. Maka, sudah selayaknya pahanan menjadi olahraga prioritas untuk mendapat pembinaan yang intensif.

“Pada kejuaraan kali ini juga dipertandingkan kelas PVC untuk anak usia dini dan tradisional. Hal ini bertujuan untuk memfasilitasi cikal bakal atlet panahan dan ajang eksebisi bagi panahan tradisional,” kata Faisal.

Lanjut Faisal, bahwa pada kejuaraan ini, sebagai scorer diberdayakan guru-guru olahraga dari FKGOR dan BAPOPSI. Hal ini merupakan pembelajaran bagi mereka dan diharapkan dapat diterapkan di sekolah-sekolah.

Adapaun cabor panahan diikuti oleh 282 atlet putra dan putri dengan 14 kategori yang diikuti peserta dari berbagai daerah yakni, Deliserdang, Aceh Meulaboh, Riau, Kepri, Batam, Jakarta, Binjai, Tebingtinggi, Langkat, Batubara, Kisaran, Simalungun dan Padang Sidimpuan, dengan total hadiah sekitar Rp54 juta.

Sementara itu, turnamen catur diikuti 162 orang pelajar dari SD hingga SMA sederajat dengan total hadiah sekitar Rp30 juta.

Sebagai pemenang di akhir kegiatan olahraga panahan yang ditutup oleh Kabid Olahraga Budi Priatama tersebut adalah:

I. Divisi Mahasiswa: Budi Darmawan dari Batam (juara), Ridwan Hasvizalhasrin dari USU Medan (Runner Up-I), Bayu Ismaya (Runner Up-II), Hafiz Roziin Ismaya (Runner Up-III)

II. Compound Putra: Masdi dari PTPN (juara)m M Deni Ali dari Helvetia (Runner Up-I) Hamzah Manurung dari Diantres (Runner Up-II) dan Yose Andre Sinuhaji dari Diantres (Runner Up-III).

Sedangkan untuk Juara panahan tradisional, Putut Hardianto dari Generasi Panahan berhasil meraih gelar juara, sementara Runnerp Up I, II dan III, berturut-turut ditempat oleh Toni Manahan Purba dan Supianto dari Langkat, serta Budi Tri Pransetyo dari Tanjungbalai. (fan)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Atletico Kembali Buru Kun Aguero
Bola - Jumat, 11 Mei 2018 - 16:12 WIB

Atletico Kembali Buru Kun Aguero

Atletico Madrid disebut sedang melakukan persiapan untuk melepas Antoine Griezmann yang kemungkinan akan hengkang ke Barcelona, dengan melakukan kontak dengan ...
Neymar akan Tinggalkan PSG, Jika Brazil Juara Dunia
Bola - Jumat, 11 Mei 2018 - 15:54 WIB

Neymar akan Tinggalkan PSG, Jika Brazil Juara Dunia

Neymar dikabarkan akan meninggalkan klubnya saat ini, Paris Saint-Germain jika Brazil berhasil memenangkan Piala Dunia 2018 di Rusia, Juni mendatang. ...
758 Atlet Ramaikan POPKAB Deliserdang X, Plt Bupati Motivasi Atlet ke POPNAS Papua 2019
Lainnya - Selasa, 8 Mei 2018 - 07:56 WIB

758 Atlet Ramaikan POPKAB Deliserdang X, Plt Bupati Motivasi Atlet ke POPNAS Papua 2019

Sebanyak 758 atlet dari cabang olahraga atletik, renang, bola voli, bulutangkis, gulat, pencak silat, tenis meja dan sepak takraw dari ...
Fokus Maker Deliserdang Gelar Senam Sehat Bersama Masyarakat
Lainnya - Rabu, 2 Mei 2018 - 23:02 WIB

Fokus Maker Deliserdang Gelar Senam Sehat Bersama Masyarakat

Badan Koordinasi Cabang Forum Komunikasi Studi Mahasiswa Kekaryaan (Bakorcab Fokus Maker) Deliserdang, bersama Studi Minat Bidang Pengabdian Fokus Maker Kecamatan ...
Berbatov Jadi Mafia Bulgaria
Lainnya - Senin, 30 April 2018 - 19:20 WIB

Berbatov Jadi Mafia Bulgaria

Mantan bintang Manchester United, Dimita Berbatov, yang mengaku belajar bicara bahasa Inggris setelah menonton The Godfather, saat ini memulai karir ...
Vinicius Ingin Neymar ke Real Madrid
Bola - Minggu, 29 April 2018 - 00:26 WIB

Vinicius Ingin Neymar ke Real Madrid

Tepat berusia 18 tahun pada Juli mendatang, Vinicius Junior, saat ini sudah berstatus pemain Real Madrid. Bintang muda asal Brazil ...