Jumat, 21 September 2018 | 16.57 WIB
Metro24Jam>Sport>Lainnya>GM Sean Winchad Serahkan Buku Silabus Catur ke KONI

GM Sean Winchad Serahkan Buku Silabus Catur ke KONI

Senin, 11 Desember 2017 - 23:20 WIB

IMG-3641

GM Sean Winchad Serahkan Buku Silabus Catur ke KONI. (ist/metro24jam.com)

SIANTAR, metro24jam.com – Grand Master Internasional asal Indonesia, Sean Winchad, menyerahkan empat buah buku atau silabus berisikan strategi bermain catur kepada KONI Kota Siantar di kantor KONI, Jalan Pantoan, Kota Siantar, Senin (11/12/2017) sekira jam 15.30 Wib.

Sean yang sudah melanglangbuana ke sejumlah negara Eropa, Asia dan Amerika untuk bertanding menghadapi banyak pecatur berlevel grand master dan master internasional itu, menyebut, buku yang dia serahkan agar bisa dibaca dan dipelajari para peminat catur di Kota Siantar.

Dua buku terbitan luar negeri, berisi dasar tentang pembukaan hingga strategi bagaimana memenangkan permainan catur. Strategi bermain yang ada di dalam dua buku tersebut banyak juga hasil rekaman permainan para grand master termasuk milik Utut Adianto, pecatur kesohor Tanah Air.

Dua buku berikutnya, berisi tentang pengembangan. Dia memperoleh buku ini dari Serbia. Buku ini banyak dipakai dan digunakan para grand master papan atas dunia.

“Saya menyerahkan buku ini agar bisa dibaca para pemain catur di sini. Buku misalnya memuat strategi catur, bagaimana dalam posisi ada peluang lalu menang,” katanya.

Ketua KONI Kota Siantar, Jayadi Sagala saat menerima empat buah buku tersebut didampingi Pelaksana Sekretaris KONI Kota Siantar, Rio Daniel Damanik dan Frenki Sinaga selaku Biro Pembinaan Hukum KONI Kota Siantar, menyebut, pihaknya menerima buku itu untuk kemudian nantinya segera diserahkan ke Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Siantar.

Buku diserahkan ke kantor tersebut, agar masyarakat luas bisa meminjam buku dan dipelajari isinya untuk pengembangan bagaimana bercatur yang baik dan benar.

Jayadi mengatakan, banyak pecatur handal di Kota Siantar, tetapi sifatnya masih otodidak dan tidak dibarengi ilmu pengetahuan atau teori yang memadai.

Dengan kehadiran GM Sean Winchad ke Kota Siantar selama beberapa hari, diharapkan dia bisa menularkan bagaimana bermain catur dengan baik dibarengi dengan teori yang diadopsi dari buku atau silabus yang dia bawa khusus untuk diserahkan ke warga kota ini.

“Kami segera menyerahkan buku ke Perpustakaan Kota Siantar, agar buku bisa dipinjam dan dipelajari oleh warga Kota Siantar,” katanya.

Jayadi berharap, Kota Siantar bisa melahirkan atlet catur yang handal. Karena di sini banyak bibit-bibit unggul. Selain harus sering bertanding, seorang atlet juga harus bisa mempelajari teknik-teknik main catur.

“Apalagi strategi bermain catur terus mengalami perkembangan. Maka dengan adanya buku ini, bisa memandu para atlet kita menyerap teknik bermain dengan kelas master dan grand master,” katanya. (tig)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Atlet Pencak Silat Asal Deliserdang Berangkat ke India
Lainnya - Kamis, 20 September 2018 - 19:04 WIB

Atlet Pencak Silat Asal Deliserdang Berangkat ke India

Atlet pencak silat Rizka Andini asal desa Purwodadi kecamatan Pagar Merbau, Deliserdang akan berangkat ke India untuk mengikuti 4th Asian ...
Sore Ini Bupati Sergai Tutup GSI 2018
Bola - Rabu, 12 September 2018 - 14:00 WIB

Sore Ini Bupati Sergai Tutup GSI 2018

Bupati Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman sore ini akan menutup kompetisi Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat Sekolah Menengah ...
Karateka Pelajar Kisaran Wakili Sumut di Tingkat Nasional
Lainnya - Kamis, 23 Agustus 2018 - 22:37 WIB

Karateka Pelajar Kisaran Wakili Sumut di Tingkat Nasional

Berbagai prestasi yang diukirnya dalam olahraga beladiri karate akhirnya mengantarkan pelajar satu ini ke kancah kejuaraan Nasional mewakili Sumatera Utara. ...
Ribuan Pelari Ikuti Deliserdang Marathon 10K
Lainnya - Minggu, 12 Agustus 2018 - 19:48 WIB

Ribuan Pelari Ikuti Deliserdang Marathon 10K

Tak kurang dari 4000 peserta mengikuti Deliserdang Marathon 10K Tahun 2018. Para peserta terdiri dari pelajar, TNI/Polri dan masyarakat umum ...
Mourinho ‘Warning’ Manchester United
Liga Inggris - Senin, 6 Agustus 2018 - 09:50 WIB

Mourinho ‘Warning’ Manchester United

Bukan Jose Mourinho namanya, jika tak selalu berkeluh-kesah. Pria yang menjuluki dirinya The Special One itu kembali memberi peringatan bahwa ...
Manchester United Siapkan Zidane Sebagai Ganti Mourinho
Liga Inggris - Rabu, 1 Agustus 2018 - 08:14 WIB

Manchester United Siapkan Zidane Sebagai Ganti Mourinho

Mourinho selalu mengalami sindrom pada musim ke-3 bersama sejumlah mantan klubnya. Dan kali ini, Red Devils dilaporkan telah menyiapkan Zidane ...