Senin, 21 Januari 2019 | 08.11 WIB
Metro24Jam>Sport>Bola>Diduga Terlibat Pengaturan Skor, Oknum Anggota Exco PSSI Ditangkap Polda Metro Jaya

Diduga Terlibat Pengaturan Skor, Oknum Anggota Exco PSSI Ditangkap Polda Metro Jaya

Kamis, 27 Desember 2018 - 16:47 WIB

IMG-4021

Johar Lin Eng saat diamankan di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta. (ist via DetikCom)

JAKARTA, metro24jam.com – Polisi menangkap anggota Exco PSSI yang juga ketua Pengprov PSSI Jawa Tengah, Johar Lin Eng. Dia ditangkap personel Polda Metro Jaya di Bandara Halim Perdanakusuma, Kamis (27/12/2018) pagi, sekira pukul 10.12 Wib.

Nama Johar Lin Eng mulai disebut-sebut sebagai sosok yang berada di balik pengaturan skor sepakbola Indonesia dalam program Mata Najwa, pekan lalu.

Saat itu Manajer Persibara Banjarnegara, Lasmi Indaryani, menyebut Johar sebagai perantara dengan mafia yang disebut dengan Mr P.

“Bertempat di kedatangan Bandara Halim Perdanakusuma telah dilaksanakan monitoring giat penangkapan terhadap tersangka mafia pengaturan skor oleh Polda Metro Jaya yang dipimpin Ipda Elia Umboh,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono dalam keterangannya, seperti dilansir DetikCom.

Penangkapan dilakukan setelah Johar melakukan penerbangan dari Solo Selanjutnya dia akan dibawa ke Polda Metro Jaya, malam ini.

Johar ditangkap setelah ada laporan pengaturan skor pertandingan. Pengaduan itu menyebutkan ada pihak-pihak yang meminta uang agar klub bisa naik dari Liga 3 ke Liga 2.

Untuk memberantas skandal pengaturan pertandingan di sepakbola Indonesia, Polri telah membentuk Satgas Anti Mafia Bola.

Satgas tersebut diketuai oleh Hedro Pandowo, sejak pekan lalu mereka sudah memanggil beberapa pejabat teras PSSI, BOPI, dan Kemenpora untuk dimintai keterangan.

PSSI Terkejut

PSSI tidak menyangka Johar Lin Eng langsung ditangkap oleh pihak Kepolisian atas dugaan pengaturan skor. Menurut Anggota Komite Eksekutif PSSI, Yoyok Sukawi, seharusnya Johar diperiksa lebih dulu.

Johar ditangkap oleh pihak Polda Metro Jaya di area kedatangan Bandara Halim Perdana Kusuma sekitar pukul 10.12 WIB setelah tiba dari Solo, Jawa Tengah, Kamis (27/12/2018). Johar, yang anggota Exco PSSI dan ketua Asprov Jawa Tengah, kemudian diboyong ke Polda Metro Jaya.

“Saya juga terkejut karena tahunya dari grup WA wartawan. Harusnya tidak langsung ditangkap, dipanggil diperiksa dulu. Tapi untuk kebenarannya tunggu ya, saya cari informasi dulu,” ujar Yoyok, Kamis (27/12/2018).

Sebelumnya, Johar disebut oleh Bupati Banjarnegara, Budhi Warsono, dan manajer Persibara Banjaregara, Lasmi Indrayani, yang menyebut dimintai uang Rp500 juta untuk menjadi tuan rumah fase gugur Liga 3. Tuduhan itu disampaikan di dalam acara Mata Najwa.

Ketua Asprov Jawa Tengah itu juga diduga menjadi perantara dengan mafia berinisial Mr P. Budhi mengaku pihak Persibara menghabiskan uang hingga Rp1,3 miliar. (dtc/asp)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Diprediksi Baru Sembuh Maret 2019, Kane Dipastikan Absen di Final Carabao Cup
Bola - Rabu, 16 Januari 2019 - 13:06 WIB

Diprediksi Baru Sembuh Maret 2019, Kane Dipastikan Absen di Final Carabao Cup

Tottenham Hotspur mendapat pukulan besar setelah salah satu pemain andalan mereka, Harry Kane, mengalami cedera ligamen pergelangan kaki dan dipastikan ...
Dincar Madrid, Chelsea Banderol Eden Hazard di Atas  £100 Juta
Bola - Rabu, 16 Januari 2019 - 07:25 WIB

Dincar Madrid, Chelsea Banderol Eden Hazard di Atas £100 Juta

Chelsea mematok harga lebih tinggi dari £100 juta bagi klub yang berhasrat untuk mendapatkan Eden Hazard, meskipun kontrak pemain Belgia ...
Penampilan Meningkat, Pogba Puji Solksjaer dan Sindir Mourinho
Liga Inggris - Selasa, 15 Januari 2019 - 07:21 WIB

Penampilan Meningkat, Pogba Puji Solksjaer dan Sindir Mourinho

Paul Pogba menyanjung tinggi Ole Gunnar Solskjaer yang dinilainya berhasil membuat dirinya menemukan bentuk permainannya kembali di Old Trafford. Gelandang ...
Tampil Gemilang Menghadapi Tottenham, Lingard Minta MU Perpanjang Kontrak De Gea
Liga Inggris - Selasa, 15 Januari 2019 - 07:08 WIB

Tampil Gemilang Menghadapi Tottenham, Lingard Minta MU Perpanjang Kontrak De Gea

Jesse Lingard mendesak Manchester United agar memperpanjang kontrak David de Gea, menyusul 11 penyelamatan gemilang yang dilakukan kiper asal Spanyol ...
DPC PPP Deliserdang Gelar Turnamen Sepakbola U-40
- Minggu, 13 Januari 2019 - 20:27 WIB

DPC PPP Deliserdang Gelar Turnamen Sepakbola U-40

Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan (DPC PPP) Kabupaten Deliserdang menggelar acara turnamen sepakbola U-40 di lapangan bolakaki Sinar Pagi, ...
Yuk… NgeGass Bareng Kapolda Sumut Berhadiah Ratusan Juta!
- Jumat, 11 Januari 2019 - 15:20 WIB

Yuk… NgeGass Bareng Kapolda Sumut Berhadiah Ratusan Juta!

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto mengajak seluruh masyarakat se Sumatera Utara yang hobi dan bernyali besar, untuk mengikuti ...