Jumat, 23 Agustus 2019 | 02.43 WIB
Metro24Jam>Sport>Pembalap Fabio dari Italia Pastikan Turun, Besok APRC Start di Lubukpakam

Pembalap Fabio dari Italia Pastikan Turun, Besok APRC Start di Lubukpakam

Kamis, 25 Juli 2019 - 16:38 WIB

IMG-4224

Ketua Pengprov IMI Sumut, Faisal Arif Nasution saat memberikan penjelasan kepada awak media. (Fani Ardana/metro24jam.com)

LUBUKPAKAM, metro24jam.com – Setelah 10 tahun absen, Asia Pacifik Rally Championship (APRC) kembali hadir di Sumatera Utara pada 26-28 Juli 2019. Bahkan pereli asal Italia, Fabio Friziero dipastikan turun di APRC kali ini.

Pereli yang akan menggeber Peugeot 208 ini akan berlaga di kelas RC2 APRC Round 2.

“Barusan manajernya melakukan registrasi pendaftaran kepada panitia,” Kata Ketua Pengprov IMI Sumut, Faisal Arif Nasution di Sekretariat Penyelenggara APRC, di Cadika Pramuka Lubukpakam, Rabu (24/7/2019).

Menurutnya, Fabio Friziero didampingi navigator Giovani Agnesse telah tiba di Medan sejak Selasa (23/7/2019) kemarin. Mereka juga sudah melakukan survei berbayar dan menjajal rute reli di Rambung Sialang, Serdang Bedagai.

Selain Fabio, pereli nasional Ryan Nirwan-Garindra Kusuma dan Subhan Aksa -Mago Sarwono juga dipastikan meramaikan APRC.

Dari total 61 peserta, paling banyak dari Sumut dengan 26 pereli, disusul DKI Jakarta 17 pereli, Kalimantan Selatan dan Sumatera Selatan masing-masing 4 pereli, Jawa Barat, Jawa Timur dan Bali masing-masing 2 pereli.

Dari sejumlah nama peserta, ada pula calon rival Friziero di kelas APRC dari Indonesia, yaitu H Rihan Variza yang berpasangan dengan navigator Andi Rendy.

Ajang bergengsi ini merupakan kali pertama bagi Rihan untuk mengibarkan bendera tim HRVRT dengan menjajal mobil Mazda2 spek APRC homologasi FIA.

Tiga nama pereli lainnya yang juga akan berebut posisi di kelas APRC, yaitu Aldrian/Romi Capri, Priamanaya Djan/Hade Mboi dan Edwyn Jaya/Gulam. Ketiganya mengandalkan Mitsubishi Evo X.

Pada putaran 1 Kejurnas Reli sekaligus APRC di Sumut kali ini, ada banyak nama-nama pereli tenar yang akan terjun, termasuk di antaranya Ijeck/Hery Kuntoyo yang mengandalkan Subaru Impreza WRX.

Faisal Nasution menjelaskan, sebelumnya seri I APRC sudah digelar dalam 2 putaran, di Australia dan Jepang.

“Kita beruntung, pada Juli ini bisa digelar di Sumut. Putaran selanjutnya akan kembali dilaksanakan di Australia pada Agustus dan pada Oktober di China,” jelasnya.

Jika dihitung dari penyelenggaran reli berkelas internasional terakhir di Sumut pada 2009. Namun untuk gelaran APRC, kepercayaan penyelanggaran terakhir di Sumut pada tahun 2000. “Artinya sudah lama sekali,” katanya.

“Kita pernah mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah APRC untuk kali pertama pada 1994. Keberhasilan itu memberikan kesempatan berikutnya pada 1997. Namun karena krisis moneter, setelah itu tidak pernah lagi dan baru kali ini APRC digelar di Sumut,” imbuh Faisal.

Gelaran APRC itu memberikan manfaat besar bagi perkembangan pariwisata Sumut. Jika gelaran kali ini sukses, maka bukan tidak mungkin Indonesia, khususnya Sumut akan kembali mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah.

Informasi dihimpun dari kesekretariatan penyelenggara, start APRC akan dilakukan di Alun-alun Kantor Bupati Deliserdang di Lubukpakam, Jumat (26/7/2019) pukul 15.00 Wib.

Sabtu (27/7), para pereli akan menyelesaikan 6 SS di areal perkebunan PT Lonsum Rambung Sialang. Sisa 44 SS berikutnya akan dilangsungkan di lokasi yang sama. (fan)


KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
2 Tim Sepakbola Remaja Asahan Dilepas Ikuti Kompetisi Berjenjang Piala Menpora 2019
Bola - Selasa, 20 Agustus 2019 - 19:34 WIB

2 Tim Sepakbola Remaja Asahan Dilepas Ikuti Kompetisi Berjenjang Piala Menpora 2019

Dua tim sepakbola remaja, masing-masing Asahan Rahuning All Star (U-16) dan BLiSPI Asahan (U-14) untuk mengikuti Kompetisi Pelajar Berjenjang Piala ...
Puluhan Pelari Deliserdang 10K Kehabisan Stamina dan Nyaris Pingsan
SPORT - Minggu, 18 Agustus 2019 - 11:10 WIB

Puluhan Pelari Deliserdang 10K Kehabisan Stamina dan Nyaris Pingsan

Puluhan pelari yang bertanding pada lomba Deliserdang 10K dan 5K, baik putri maupun putra sempat tergeletak kehabisan stamina saat akan ...
Deliserdang 10K Berakhir, Seluruh Medali Diborong Atlet Luar Daerah
SPORT - Minggu, 18 Agustus 2019 - 10:56 WIB

Deliserdang 10K Berakhir, Seluruh Medali Diborong Atlet Luar Daerah

Event tahunan Deliserdang 10K yang digelar Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Porabudbar) memeriahkan Hari Kemerdekaan RI, finis di Jalan ...
Jelang Liga 3, Klub-klub dari Deliserdang Lakukan Persiapan
Bola - Kamis, 15 Agustus 2019 - 15:18 WIB

Jelang Liga 3, Klub-klub dari Deliserdang Lakukan Persiapan

Mendekati dibukanya Kompetisi Liga 3 Indonesia, tim-tim dari Kabupaten Deliserdang terus melakukan persiapan. Selain PSDS Deliserdang, tim yang akan ikut ...
Sambut HUT RI Ke-74, Jurnalis Asahan Gelar Touring Merdeka
- Senin, 5 Agustus 2019 - 14:32 WIB

Sambut HUT RI Ke-74, Jurnalis Asahan Gelar Touring Merdeka

Sejumlah jurnalis Asahan melaksanakan 'Touring Merdeka' sebagai kegiatan menyambut Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia. Touring yang dilakukan pada Sabtu dan ...
Turnamen Sepakbola Meriahkan HUT RI ke-74 di Cot Girek Resmi Dibuka
- Senin, 29 Juli 2019 - 10:52 WIB

Turnamen Sepakbola Meriahkan HUT RI ke-74 di Cot Girek Resmi Dibuka

Turnamen mini sepakbola dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-74 di Kecamatan Cot Girek resmi dibuka, di lapangan sepakbola Desa Batu ...